Asal usul permainan video/video game
terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali
sistem pada akhir 1940-an. Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T.
Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann yang kemudian diadaptasi ke dalam permainan
sederhana lainnya. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak
permainan komputer yang dikembangkan, secara bertahap tingkat kecanggihan dan
kompleksitasnya pun turut bertambah. Banyak yang menyebutkan bahwa
penemu video game adalah William Higinbotham.
penemu video game adalah William Higinbotham.
Pada tahun 1952, A.S. Douglas membuat
OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of
Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan
manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT
display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe
di tahun 1972 oleh Waco Company.
Tahun 1958 menciptakan game Tennis for
Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang
dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati
net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk
mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.
Mistery House, rancangan ibu rumah
tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan
grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks,
ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan
baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams
mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya
petualangan.
Jadi, memang terasa bahwa pasar game
komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya.
http://wede56.blogspot.co.id/2014/03/makalah-tentang-perkembangan-game.html
https://zettechno.files.wordpress.com/2011/12/teknologi-di-bidang-video-game.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar