1. Pengertian Desain & Pemodelan Grafis
Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses
penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa
tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain
pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata dimana setiap suku kata memiliki
artinya tersendiri, untuk penjelasan setiap arti suku katanya sebagai berikut :
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan
pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau
rancangan.
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan
dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu
obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat
pembuatannya.
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan
perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses
pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
2. Unsur Desain & Pemodelan Grafis
Unsur dalam Desain & Pemodelan Grafis sama
seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut
(termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion")
dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih
luas.
Keseimbangan (Balance)
Prinsip
keseimbangan merupakan suatu aturan yang berusaha agar hasil penempatan
elemen mempunyai efek yang baik.
· Prinsip tekanan
(emphasis)
Menonjolkan
suatu bagian elemen yag akan diperlihatakan sehingga pembaca akan langsung
melihat apa yang ditonjolkan tersebut.
· Prinsip ritme (rhythm)
Prinsip
ini merupakan gabungan antara elemen–elemen desain yang menimbulkan adanya
pengulangan yang teratur.
· Prinsip kesatuan
(unitily)
Prinsip
kesatuan adalah suatu hubungan dari elemen-elemen desain yang disatukan
menjadi sesuatu yang baru dan mempunyai fungsi yang baru dan utuh pula.
· Prinsip proporsi (proportion)
Prinsip
pembagian anatomi yang sesuai didalam merancang sebuah desain , baik dalam bentuk
ilustrasi maupun dalam pembagian format sebuah desain.
3. Perkembangan Desain & Pemodelan
Grafis
Desain & Pemodelan Grafis berkembang
pesat seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan
tulisan dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468)
menemukan teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan
menyerupai disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan
anggur. Ini adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi
buku secara massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan
informasi pada masa kebangkitan kembali Eropa.
4. Pengaruh Teknologi & Budaya dalam Desain
& Pemodelan Grafis
Teknologi
Desain & Pemodelan Grafis, seperti disiplin
ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi
mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya
tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai
media untuk proyek-proyek mereka.
Kebudayaan
Desainer menggunakan berbagai cara untuk
menyampaikan artinya, dan sering kali memanfaatkan norma-norma budaya bersama,
nilai-nilai, sejarah dan bahasa. Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari masa
lalu untuk mendukung atau mewakili sudut pandang atau kualitas tertentu. Selain
itu, kebudayaan yang digunakan dalam desain pemodelan grafis secara tidak
sengaja telah memberitahukan jati diri desainernya.
5. Bidang Studi yang menggunakan Desain &
Pemodelan Grafis
Sosiologi
Sosiologi
dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem
manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi
(Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer.
Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di
kantor), antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam
aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim
kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
Teknik
Elektronika
Ilmu ini
menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer.
Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak
terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi
perangkat keras, juga harus mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem
aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang
utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi manusia-komputer.
Psikologi
Psikologi
perilaku dan kognitif dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia,
persepsi, proses kognitif dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model
proses tersebut yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam
metode pencocokan mesin terhadap pengguna manusia.
Ergonomi
Ergonomi
dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan
didukung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat
kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, dan layar monitor dan aspek
fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
6. Manfaat Desain & Pemodelan Grafis
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Budaya
Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan
grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal
budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti
pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada
pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang
kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif)
tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang
Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa.
Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi
gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya
Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara
hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan
di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik
komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film
semakin menarik.
Komunikasi
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu
bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi
dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada
proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau
pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Sumber:
http://aswendy.wordpress.com/2014/09/29/desain-pemodelan-grafik/
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis#Prinsip_dan_unsur_desain
http://3anakremaja.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-design-grafis-di-berbagai.html
http://sayamanusia-kukubima.blogspot.co.id/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
http://yudiyahman.blogspot.co.id/2014/11/bidang-study-yang-berkaitan-dengan.html
http://core.ac.uk/download/pdf/16508080.pdf
http://danker-corporation.blogspot.co.id/2014/11/manfaat-desain-pemodelan-grafis-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar